Wisata @ Solo

sala

KELILING SURAKARTA adalah halaman informasi tentang Kota Surakarta. Kami ingin berbagi referensi dengan Anda: tempat dan jenis makanan, tempat menikmati pertunjukan seni -tradisi atau pop, hingga tempat-tempat nongkrong yang sesuai dengan selera dan (mungkin) gaya hidup Anda.

Bila dalam URL masih saya tulis Solo, bukan (yang sebaiknya) Sala, semata-mata karena banyak orang sudah terbiasa mengikuti jejak penyebutan kata itu oleh para kernet dan kondektur bus antarkota. Saya hanya menumpang saja.

Bagi saya, Solo berarti tunggal. Berbeda dengan Sala, yang tak lain adalah nama desa di pinggiran delta Semanggi, yang dipilih para penerus Dinasti Mataram saat memindahkan ibukota kerajaan, dari Kartasura ke Surakarta.

Melalui halaman ini pula, saya ingin mengajak Anda, untuk bersama-sama dan secara pelahan meluruskan kembali penyebutan nama lain Kota Surakarta itu.

Sebelum lupa, perlu saya beritahukan kepada Anda, di situs ini saya ingin berbagi cerita tentang banyak hal, yang ada Solo dan sekitarnya. Seperti soal kuliner yang saya kelompokkan dalam kategori Lidah Manja, lokasi-lokasi belanja, tempat-tempat yang membawa Anda pada ingatan masa lalu atau Klangenan, juga cerita soal asal-usul banyak hal.

Intinya, bagi yang belum memiliki informasi tentang Solo, Anda bisa terbantu mengenalinya, tapi bagi yang sudah lama meninggalkan Solo, bisa terprovokasi untuk tidak gampang melupakannya.

Kritik dan saran, juga sumbangan tulisan, kami nantikan dari Anda. Namun, demi keselarasan bahasa, ijinkan saya menyunting naskah seperlunya tanpa mencederai makna gagasan Anda.

Yang pasti, di sini juga terdapat tulisan-tulisan berbahasa Jawa yang berusaha disampaikan dengan gaya santai dan ngepop, semata-mata agar mudah dipahami. Kita tahu, banyak generasi muda kini fasih bertutur dengan Bahasa Jawa, namun selalu kacau saat menyampaikan gagasannya  dalam bentuk tulisan. Karena itu, saya juga mencantumkan tanda baca diakritik untuk memudahkan pembedaan é pada kata tempe dan è pada kata bebek. Tak lebih…

Untuk kritik, saran atau tanggapan, harap dikirim ke  alamat elektronik : info@blontankpoer.com

55 thoughts on “Wisata @ Solo

Leave a Reply