Wisata @ Solo

sala

KELILING SURAKARTA adalah halaman informasi tentang Kota Surakarta. Kami ingin berbagi referensi dengan Anda: tempat dan jenis makanan, tempat menikmati pertunjukan seni -tradisi atau pop, hingga tempat-tempat nongkrong yang sesuai dengan selera dan (mungkin) gaya hidup Anda.

Bila dalam URL masih saya tulis Solo, bukan (yang sebaiknya) Sala, semata-mata karena banyak orang sudah terbiasa mengikuti jejak penyebutan kata itu oleh para kernet dan kondektur bus antarkota. Saya hanya menumpang saja.

Bagi saya, Solo berarti tunggal. Berbeda dengan Sala, yang tak lain adalah nama desa di pinggiran delta Semanggi, yang dipilih para penerus Dinasti Mataram saat memindahkan ibukota kerajaan, dari Kartasura ke Surakarta.

Melalui halaman ini pula, saya ingin mengajak Anda, untuk bersama-sama dan secara pelahan meluruskan kembali penyebutan nama lain Kota Surakarta itu.

Sebelum lupa, perlu saya beritahukan kepada Anda, di situs ini saya ingin berbagi cerita tentang banyak hal, yang ada Solo dan sekitarnya. Seperti soal kuliner yang saya kelompokkan dalam kategori Lidah Manja, lokasi-lokasi belanja, tempat-tempat yang membawa Anda pada ingatan masa lalu atau Klangenan, juga cerita soal asal-usul banyak hal.

Intinya, bagi yang belum memiliki informasi tentang Solo, Anda bisa terbantu mengenalinya, tapi bagi yang sudah lama meninggalkan Solo, bisa terprovokasi untuk tidak gampang melupakannya.

Kritik dan saran, juga sumbangan tulisan, kami nantikan dari Anda. Namun, demi keselarasan bahasa, ijinkan saya menyunting naskah seperlunya tanpa mencederai makna gagasan Anda.

Yang pasti, di sini juga terdapat tulisan-tulisan berbahasa Jawa yang berusaha disampaikan dengan gaya santai dan ngepop, semata-mata agar mudah dipahami. Kita tahu, banyak generasi muda kini fasih bertutur dengan Bahasa Jawa, namun selalu kacau saat menyampaikan gagasannya  dalam bentuk tulisan. Karena itu, saya juga mencantumkan tanda baca diakritik untuk memudahkan pembedaan é pada kata tempe dan è pada kata bebek. Tak lebih…

Untuk kritik, saran atau tanggapan, harap dikirim ke  alamat elektronik : info@blontankpoer.com

55 thoughts on “Wisata @ Solo

  1. apakah di solo ada tempat wisata rafting?

    trims

    setahu saya, sekitar Solo belum ada tempat rafting. tapi kalau mau susur perahu di Bengawan Solo, ada banyak teman yang bisa membantu fasilitasi (misalnya, sewa perahu, dll)

    /blt/

  2. lukito eko dariono

    mas tanya punya info hotel keluarga di daerah tawang mangu yg murah bersih family fun, soalnya biasanya skeluarga, dari malang , sarangan (sudah punya langganan vila), naik ke cemorosewu, gasil langsung solo, ngayogjokarto

  3. lukito eko dariono

    bingung cari tempat wisata di solo ?, paling hanya numpang jalan menuju republik ngayojokarto, paling hanya bermalam dilangganan hotel daerah palur, meskipun punya saudara di daerah pondok as salam
    makan malam bebek goreng sambel bawang di pasar gede

    mana lagi mas kuliner bebeknya pernah diajak teman lokasinya dekat dengan lapangan olahraga

  4. sugeng rawuh mas,aku alexi aku putra kelahiran solo,tepatnya di daerah lapangan jaten Perum BGI
    sekarang aku ada di Jakarta memimpin sebuah media online Batic Javanese News.
    kalau berkenan dan di ijinkan aku ingin mendapatkan informasi ataupun artikel untuk aku muat di media Informasi dan Komunikasi Generasi muda Indonesia.
    Hp. 0813.8472.9006

  5. Salam. Laman ni bagus untuk mempromosi Solo/Surakarta.
    Bagaimana boleh bantu warga Malaysia yang akan berkunjung ke Solo Tahun hadapan seperti saya. Hotel yang sederhana harganya, tempat makan yang sedap-sedap/ sewa mobil yang berpatutan/tempat-tempat yang seharusnhya dilawati di solo!

  6. Cocok, Bos. Apalagi untuk Bahasa Jawa, tanda baca diakritik itu perlu. Sebab, bisa-bisa salah makna yang bikin fatal. Contoh : “Dipun emut rumiyin ta, Bulik, kalawau dipun paringaken pundi?.” (Kata “emut” kalo salah baca, kan fatal jadinya). Begitu pula ” tha, ta, dha, da” harus jelas. Coba kalau ada tulisan : ” Manawi khotib sampun minggah, lare-lare kedah mendel.” (Kata “mendel” yang dimaksud adalah diam, artinya begitu khotib naik ke mimbar, anak-anak harus diam untuk mendengarkan. Kalau salah baca, “mendel” (seperti lafal Senen), bisa bermakna menantang, memelototi dan sebagainya). Jadi, diakritik sangat perlu itu, Mas. Terima kasih.

    wah, panjenengen krama inggile top saestu. kula badhe ndherek nyantrik. kepareng, nggih?
    /blt/

  7. Totok

    Fotonya bagus-bagus pak!
    Setelah orang mampir membaca website ini, mungkin timbul keinginan untuk berkunjung ke Solo. Untuk itu, usulan saya, alangkah bermanfaatnya jika ada kelompok/kategori yang memberika info mengenai hotel-hotel/penginapan di Solo yang mencantumkan RANGE HARGA dan syukur ada kolom REKOMENDASI atau sekedar catatan singkat untuk tiap hotel. Dengan demikian keinginan untuk berkunjung tersebut tidak jadi putus dijalan karena tidak tahu harus menginap dimana berdasarkan budget masing-masing. Memang ada website yang mencantumkan daftar alamat hotel di Solo dengan cukup lengkap (http://wisatasolo.com/wp/?page_id=56), namun masih belum ada range harga dan catatannya sebagai filter awal. Mudah-mudahan bisa terwujud. Terimakasih info wisatanya, akhir tahun ini saya berencana untuk liburan bersama keluarga ke Solo.

    Salam.

    matur nuwun. semoga, ke depan saya bisa memperbaiki dan menyempurnakan sehingga blog ini bermanfaat untuk sebanyak mungkin pembaca. salam kenal kembali.
    /blt/

  8. hunt0sir

    mas,

    salute kagem panjenengan >.<

    monggo dilanjut lagi ^^

    nb: apakah ada base camp / tempat ngumpul temen temen pengisi content blog ini mas? saya mau join dunk sometimes, if you don’t mind :)

  9. very good and wholemeat ancient scene!!!
    Solo is my origin city for my famz were breed over there (KAOEMAN)
    Solo is one of world’s sophisticated city ever. its’ pretty romantic, sentimental, sensual, and mysterious, isnt it?? Liwet Prabon,Triwindu market,Klewer batique center,Kaoeman vintage moslem-batikkers mansions,Lamb of goat at TAMBAK SEGARAN!!!! plus,do you believe guysss???
    I had the first date up there with my wife…it was actually a rendezvous..we live d in jakarta, but BINGO! GOD’S WILL…we met and have a really a nice and unforgettable moments in SRIWEDARI NIGHT(amusement) PARK ( mum said it should be a guitarman playin down the pool in the sriwedari central point…goshhhh! romantic session huh??)
    Ragazyga (godspot_veda@yahoo.com)
    http://www.ragazyga.blogdetik.com

  10. Wah, Mas, saya kemana-mana sekarang umuk dan ikut mromosikan solo lho. Ini itu. keamanan yang bagus kota yang cozy….indah teratur. Jauh lebih bagus dari Jogja.

    Heeem saya saluut atas kinerja pak waliii.

    wassalaam

  11. soerya

    blont,
    saran yo,
    kasih dong informasi tentang ada yg baru gak, termasuk posting dari rekan2.
    tujuannya biar kita masuk ke blog ini langsung tau ada info baru/gak

    matur tengkiu

  12. amriltg

    Informasi yang sangat berharga, Mas. Saya menyarankan bila sekiranya informasi-informasi tentang kota Solo (baik kuliner maupun rekomendasi daerah wisata) bisa diperluas segmen pembacanya dengan dimuat di jaringan blog asia terutama di channel MyCityBlogging. Mas bisa mendaftar sebagai kontributor dilink ini. Kebetulan saya jadi kontributor disana untuk channel Bekasi,Gorontalo,Makassar dan Balikpapan. Insya Allah kapan2 kalau ke Solo (yang tidak jauh dari kampung halaman istri) saya akan mampir deh ke tempat-tempat eksotik yang sudah direkomendasikan dgn baik disini.

    blonty: Terima kasih, masukannya. Saya tunggu kehadiran Anda sekeluarga di Surakarta.

Leave a Reply