laporpresiden.org adalah (juga) Kanal Resmi

Alhamdulillah, sudah dapat pencerahan dari Mas Yanuar Nugroho perihal kanal laporpresiden.org. Semula saya kuatir jika website yang diinisiasi Kang Ainun Najib (yang dulu bikin kawalpemilu.org) hanya menjadi situs bebas, yang tak bisa di-follow up presiden dan perangkatnya. Bahwa di dapur ada Kang Ainun, Mas Syafiq Pontoh dkk yang integritas dan kredibilitasnyabtak bisa diragukan, itu soal lain.

Yang sempat terlintas hanyalah sudah adanya saluran resmi, yakni lapor.go.id, kok ada lagi versi lainnya. Ya maklum sajalah, wong saya termasuk pendukung Pak Jokowi, dan termasuk orang yang agak kuatir dengan ‘masa depan’ beliau, mengingat dinamika politik istana yang menurut saya agak gimanaa… gitu…

 

Rekan2 sekalian yb.,

Menanggapi beberapa pertanyaan seputar kaitan LaporPresiden.org dengan LAPOR! lapor.go.id yang ditujukan kepada Kantor Staf Presiden, bisa saya sampaikan sbb.

LaporPresiden.org adalah hasil inisiasi publik, sedangkan lapor.go.id adalah hasil inisiasi pemerintah. Saat ini keduanya sudah terintegrasi dan bersifat komplementer dalam melayani pengaduan masyarakat. “Engine”  lapor.go.id digunakan juga untuk meneruskan dan menindaklanjuti laporpresiden.org.

Sebagai latar belakang, sudah ada sejumlah kanal pengaduan yang diinisiasi publik maupun pemerintah sebelum diluncurkannya lapor.go.id. Sehingga lapor.go.id berfungsi bukan untuk meniadakan kanal yang sudah ada atau menghambat inovasi baru, melainkan sebagai sistem pengaduan nasional yang dapat menghubungkan seluruh kanal yang ada dalam rangka mewujudkan tata kelola pengaduan publik yang terintegrasi.

Dasar hukum LAPOR! (lapor.go.id) tercantum dalam Perpres 76/2013, yang di-detailkan juga dalam Permenpanrb tentang  roadmap sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional.

Dengan demikian silakan menggunakan kedua kanal yang ada untuk menyampaikan keluhan dan laporan mengenai kualitas pelayanan publik dan untuk berpartisipasi dalam memantau kemajuan pembangunan.

Salam dan jabat erat,
Yanuar Nugroho
Deputi II Kepala Staf Kepresidenan

Berikut adalah penjelasan resmi dari Kantor Staf Kepresidenan:

 

2 thoughts on “laporpresiden.org adalah (juga) Kanal Resmi

Leave a Reply