Diskon untuk TNI/Polri

Saya tak paham mengenai alasan pemberian hak istimewa kepada anggota TNI/Polri. Jika berpijak pada peran sejarah, seorang veteran mestinya lebih berhak atas sejumlah priivilese dari negara. Beliau-beliau adalah pelaku sejarah berdirinya Republik Indonesia. Di luar mereka, termasuk TNI, Polri dan pegawai negeri sipil ‘hanyalah’ orang yang mengisi dan melestarikan hasil perjuangan para veteran.

Jangankan diskon 30 persen, digratiskan sekalipun masih pantas untuk veteran. Jika masih mau menimbang untung rugi, PT Kereta Api Indonesia bisa menghitung jumlah veteran, dan seberapa tinggi frekwensi penggunaan moda transportasi darat milik negara itu. Toh, perusahaan pelat merah itu juga mengenal dan menerapkan public service obligation (PSO), yang satu-dua tempat duduk untuk veteran tidak mengurangi laba perusahaan.

Saya sedih melihat pengumuman yang ditempel di loket penjualan tiket Stasiun Kereta Api Klaten itu.

Publik pasti juga bingung. Korupnya para pegawai yang digaji oleh negara, yang di antaranya berasal dari uang pajak yang dibayar warganya, diobral murah begitu saja. Prinsip keadilan, sepertinya masih belum berlaku di negeri ini.

TNI/Polri diberi fasilitas potongan setengah dari tarif resmi, sedang bagi veteran, sepertiganya pun tak sampai. Pegawai negeri sipil alias anggota Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) pun berhak rabat 10 persen.

7 thoughts on “Diskon untuk TNI/Polri

  1. DV

    Saya melihat poster yang kamu potret ini waktu pulang kemarin, Lik..
    Ini rak di loket sebelah kiri tho? Aku juga heran kenapa bisa begitu ya…:)

  2. pd catatan bawahnya itu kok keluarganya tdk termasuk ya, berarti kl veteran itu anak dan istrinya tidak termasuk diskon? kasihan bgt tuh..

    saya pernah naik kereta malang-surabaya, pas pemeriksaan karcis TNI dilewatin aja, sedangkan ada embah2 dimintai uang oleh petugas krn tdk punya karcis..

  3. Ini masih untung, Pakdhe. 30% masih terbilang lumayan ketimbang tidak dapat diskon, toh seandainya digratiskan pun saya kira sudah jarang veteran yang bepergian pakai kereta api 😀 *melu gumun…

  4. sampeyan juga pasti tau tho pakdhe, kalo polisi/tentara itu kadang masih ada yang suka gratisan. mungkin daripada pada ndak mbayar sementara kalo diturunin di tengah jalan resiko bentrok, mending dikasih diskon saja 😀

Leave a Reply