Cicak Bikin Risau Buaya

Kalau menggunakan pendekatan kodrat, Cicak (Gekkonidae) memang termasuk jenis reptil yang bisa jadi santapan buaya (Crocodylidae). Tubuhnya yang kecil dan lemah sungguh tak sebanding dengan ukuran tubuh sang predator, hewan purba yang memiliki kekuatan menggigit hampir 15 kali lipat kekuatan gigitan anjing Rottweiler.

Bisa jadi, karena analogi perbandingan kekuatan setimpang itulah, kemudian Kepala Polri Bambang Hendarso Danuri merasa ‘malu’ jika korps yang dipimpinnya dicitrakan sebagai predator superkuat oleh publik. Maka, ia pun menyatakan bahwa institusinya pun ‘segemulai’ cicak.

Logo CibuayaBank yang dibuat oleh Mursid

Logo CibuayaBank yang dibuat oleh Mursid

Kami juga cicak,” ujarnya di depan para pemimpin media massa yang dihadirkan ke kantor Menkominfo oleh Tifatul Sembiring, Senin (2/11).

Pada pertemuan itu, pun Menteri Tifatul mengajak publik melalui pemimpin media, untuk meninggalkan penggunaan istilah “Cicak vs Buaya” dalam konteks ‘perseteruan’ antara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan kepolisian. Apalagi, ketika dua petinggi KPK, Bibit Samad Rianto dan Chandra M Hamzah ditahan oleh polisi dengan alasan (yang dipahami publik) agar keduanya tak menggiring opini tertentu terkait skandal keuangan yang sedang ditanganinya.

Rasa keadilan sudah di ujung tanduk. Dua sosok yang dianggap memiliki integritas tinggi dalam pengungkapan perkara korupsi, justru dihambat kerjanya melalui penetapan status tersangka yang kemudian disusul dengan penahanan oleh polisi. Publik yang marah, pun ramai-ramai menggalang dukungan masyarakat yang lebih luas melalui berbagai cara. Berbagai forum dukungan muncul di dunia maya. Ratusan ribu orang yang bersimpati pun berhimpun, hingga petinggi negeri gerah.

Presiden, bahkan sampai ‘merasa perlu’ membentuk tim pencari fakta (TPF) terkait kasus penahanan Bibit-Chandra dan rekaman hasil penyadapan yang bocor dan beredar secara luas. Beberapa tokoh dilibatkan dalam tim, demi memberi bobot ‘independensi’ temuan mereka, kelak.

CibuayaBank bermodal bonus Rp 6,7 trilyun

CibuayaBank bermodal bonus Rp 6,7 trilyun

Dalam pemahaman awam saya, persoalan semacam itu tak bakal meluas seandainya pokok soalnya dituntaskan segera. Bail out Bank Century mau tak mau telah dicurigai sebagai inti persoalan silang sengkarut gegeran KPK dengan polisi. Banyak ahli keuangan dan perbankan, bahkan menyebut kasus ini sebagai skandal keuangan ‘terhebat’ di negeri ini, sepanjang abad ini.

Sekadar ingin mengenang istilah Cicak vs Kadal yang membuat Pak Kapolri gak enak ati itu, maka malam ini saya mengumumkan pembukaan bank pribadi saya, yang saya namai CibuayaBank. Modal awalnya, kurang dari Rp 800 milyar. Namun, karena keunikan namanya (dan pemiliknya, tentu), maka dalam sekejap modal CibuayaBank sudah melonjak menjadi Rp 6,7 trilyun.

Ada yang pingin kecipratan rejeki CibuayaBank? Bukalah rekening segera. Saya akan mengobral bonus, terutama bagi nasabah-nasabah prudential. *) Yang penting digunakan untuk modal usaha. Sedang bentuk usahanya bebas: usaha jadi senator, mau jadi demang, atau usaha jadi raja sekalipun, akan dilayani dengan sebaik-baiknya. Percayalah…

*) Ralat: karena nulisnya setengah ngantuk, akhirnya terjadilah kekeliruan. yang saya maksud bukan prudential (apalagi sebuah produk lembaga keuangan) melainkan prudent. saya menyebut demikian sebagai sinisme bagi pihak yang telah bertindak ‘secara bijaksana’. semoga bisa dipahami. (updated: 13.06 wib, beberapa saat setelah bangun tidur. hahaha)

Catatan tambahan: Silakan membaca referensi tulisan sahabat saya ini, mengingat ada seorang teman yang meragukan keterkaitan antara bail out Bank Century, penahanan Bibit-Chandra dan gegeran Cicak vs Buaya.

41 thoughts on “Cicak Bikin Risau Buaya

  1. weh..
    Jebul ngilang pirang-pirang ndina ki semadi ta…
    Dapet pesugihan dimana Pakdhe koq langsung bisa jadi owner Bank lho, sekolahnya khan bukan PerBankan ta..?

  2. barusan lihat berita panjang tv one soal sidang mk dan wawancara langsung anggodo wijoyo di studio tv one. heran, kok mau2nya si anggodo diwawancarai live! kelihatan banget bingung dan selalu konsultasi ma pengacaranya. ha3.

  3. dear all…
    terima kasih atas tanggapan-tanggapannya.
    adalah tantangan bagi kita untuk mengawal republik ini menjadi lebih baik lagi. tanpa tekanan publik yang luar biasa besar, akhir-akhir ini, mungkin para petinggi negeri ini masih asyik ongkang-ongkang kaki.

    episode Cicak vs Buaya, semoga cepat berlalu, berganti dengan wajah republik yang lebh tertata, (syukur) bebas korupsi. walau itu mustahil, tapi harus dimulai sejak kini…

    /blt/

  4. Ismu Budhana

    Kita sangat memerlukan pemimpin-pemimpin yang berkadar moral tinggi ketimbang pinter tapi pinternya hanya untuk minteri alias ngapusi negara. Copot saja deh para maling itu … hee … hee … hee …

  5. sudrun

    he he he, cicak vs buaya. Perasaan di NatGeo nggak ada tuh video rekaman pertandingan cicak vs buaya. bahkan di komik-komik nggak ada. Yang ada itu ya: Spiderman vs Hulk, Batman VS Joker. BAhkan di game yang paling extreme nggak ada, paling Naruto VS Batman, PPG VS Inuyasha.

    Kalau gitu perlu segera diadakan komik KHAS INDONESIA! CICAK SUPER VS ULTRA BUAYA, Gamenya pun segera dirilis, CICAK SAKTI VS BUAYA JADI-JADIAN!

    Oya, kalau gitu, ini preambul dari cerbung LEGENDA PENDEKAR ILMU CICAK VS PERGURUAN BUAYA SAKTI:

    …Alkisah disuatu negeri yang dulunya aman, hiduplah dua pendekar yang sakti. SAtunya menguasai ilmu cicak, dan satunya lagi menguasai ilmu buaya. Konon, ilmu cicak didapatkan oleh pendekar cicak dari tapa bratanya selama 5 tahun di Goa Selarong.

    terusin yaa…. he he he…

  6. Jawara Banten

    Dari dulu udah terkenal istilah sesuatu perbuatan yang jelek dengan perkataan ” DASAR BUAYA”
    tapi istilah “DASAR CICAK” tidak ada, maka saya usulkan jangan pakai buaya /Cbuaya nanti nasabahnya ketakutan, DASAR BUAAAYYYYAAAAAAA !!!!!!!

  7. batak_do-au

    maaf, utk salahsatu suku batak.. tp ktika bergulirnya kasus bank century mngingatkan aku dgn seorang sahabat bernama bang sianturi..

    tp, sabung cicak vs buaya mmg ada kesan pngalihan isu awal ttg berterbangannya rupiah dari pundi2 bank tsb..

    selayaknya, kasus ini diutamakan dibanding sorotan yg trlalu fokus pd penahanan bibit n chandra..

    bukankah kasus bank ini inti dari masalah?

    akankah kita membiarkan diri diatas kenderaan yang velg roda bannya mengandung karat. bukankah karat2 tsb nantinya secara perlahan akan menggemboskan roda itu sendiri..segeralah ganti velg (pejabat) yg terlibat dlm kasus bank century.. sebelum kian mempengaruhi roda pemerintahan ini

  8. Hendra

    saya setuju dengan mas sahman, kalau mengandung sara, mohon diganti nama banknya jadi CICABUAYBANK mungkin lebih keren, Kapolri ganti dari buaya jadi cicak, apalagi Centurybank juga sudah ganti……..
    tapi….keren…..kreatif….Kang Blontank…..
    hik…hik….aku juga pingin ikut prudential…. biar dapat fasilitas…..

  9. asik nih…. bisa langsung untung gede…
    klo mo buka rekening di Cibuaya Bank, lapornya kemana bang???
    Apa harus ke Kapolri, RI-1, KPK, Menkominfo ato ke MK nih….???
    🙂

  10. Taslim

    mengenai kata “prudential” yang bener tuh Bank Century menyalahai aturan prudential atau prinsip kehati-hatian…. kenapa juga bawa-bawa nasabah prudential… gak nyambung

  11. didi

    awalnya cuma iseng pake nama CIBUAYA, tetapi bila ditelaah bisa SARA.
    hati-hati mas, jangan memicu.
    untuk para warga Cibuaya, mohon memaklumi karna ketidaktahuan penulis

  12. Wah..kreatif juga hehe…..prudential sih menurut saya artinya bijaksana …apalagi ditulis dgn huruf kecil, jadi gak tuh merujuk ke sebuah company dengan nama itu.

  13. “Maaf..hendaknya jangan memakai istilah Cibuaya…karena identik dengan suku kami. Seakan-akan ini adalah skandal orang Sunda. Lebih baik yang lain, jangan memakai Sibuaya juga karena ada salah satu marga di negara kita. Mungkin ngak ada maksud apa-apa….namun itu kelihatannya identik. Terimakasih atas perhatiannya. Jangan yang mengandung SARA.”

  14. angga

    sama seperti comment di no. 9 nih bro.

    maksudnya apa ya mas, apakah sekedar guyon ato ada sesuatu dengan prudential ato nasabahnya? ane juga salah satu org yg punya rekening disana,jadi waspada neh 🙂

  15. Setio Des

    CibuayaBank, pls info maksud anda dengan menyangkutpautkan nasabah prudential, karena saya salah satu nasabah prudential….apa ada hubungannya geger century dengan prudential, saya tunggu penjelasan CibuayaBank. Terima kasih

  16. Semoga yang merasa ke sindir, cepat sadar yach…. kalo rekaman di dengarkan di mk nanti siang… pasti ketar ketir dech… tapi kawatir juga.. takut pas mau di bawa dari KPK ke MK, bukti rekaman di rampok oleh orang gak di kenal di perjalanan… kalo ini terjadi bahayyyya… tapi masyarakat akan tau siapa pelakunya. tolong KPK bikin duplikatnya dulu… 🙂

    bravo KPK…

  17. Mau bukak rekening buat nyalon Kades Carangpedopo yang turun temurun ndak bisa diganti-ganti.

    (wah, tahun1990 yo saya belum lahir di Unsoed. Berati emang de javu,pernah ketemu Kang Blontank. Maturnuwun)

Leave a Reply