Tak Enak Sahur Es Krim

Es krim sungguh menggoda menjelang buka puasa, meski tak baik untuk kesehatan. Seharian perut tak diisi, pankreas juga off sehingga butuh penyesuaian sebelum dihajar yang dingin-dingin. Tapi sahur dengan suguhan es krim? Boleh saja asal sudah terbiasa. Yang penting, jangan seperti saya. Ditawari es krim, tapi cuma lewat email. Spamming pula!!!  Walau ada iming-iming Blackberry, tapi saya lebih tertarik pada Blackforest.

Wajar. Sebagai blogger ndeso, Blackforest lebih menggoda. Ia jauh memberi citra kelas dibanding wajik, lemet, roti bolu atau bluder. Namanya juga wong ndeso, citra kelas bisa dijadikan modal untuk jumawa, apalagi terhadap tetangga yang belum pernah memakai internet, apalagi kenal Plurk atau Facebook. Hmmm….. Nyam…nyam… Pokoknya, asal jangan Blackberry. Sorry.

Citra? Jumawa?

Ya! Anda mau apa?

Entah kenapa, saya sebal dengan pola marketing yang dilakukan Campina, seperti saya copy-paste di bawah ini. Pengirimnya pun, saya tak kenal. Ia tiba-tiba nyelonong ke mailbox saya. Kalau kenal baik, pasti dia akan tahu, saya tak terlalu suka es krim (kecuali membersihkan es krim di bibir Luna Maya dengan bibir yang saya punya. Kalau yang ini, sebagai orang relijius, maka saya akan mengamalkan petuah bijak: kebersihan merupakan sebagian dari iman).

Membaca isi pesan sampah itu, yang pertama terpikir oleh saya adalah, apakah Campina tak punya konsultan marketing? Kalau punya, kenapa tawaran metode promosinya begitu ‘kuno’, dan kenapa pula di-approve? Gumun tenan, saya. Lha mbok minta tolong jama’ah ahli monetize al-Indonesiyah untuk dibuatkan review, malah bermanfaat bagi kedua pihak.

Daripada model email berantai begini, banyak orang menggerutu, lalu nggrenengi Campina atau bahkan meledek seperti yang saya lakukan ini, coba siapa yang rugi?!?

Mari kita coba main hitung-hitungan, dengan membuat taksiran nilai pengeluaran untuk belanja hadiah:

1 buah Blackberry. Paling harganya sekitar Rp 5,4 juta

1 buah liontin emas. Andai 10 kilogram, mungkin asyik. Tapi, katakan senilai Rp  5 juta

1 buah discman. Tinggal mereknya. Mungkinkah seharga Rp 3 juta?

1 buah DVD Player. Juga tergantung merek. Senilai Rp 2 juta, sudah sangat luar biasa

1 buah sepeda mini. Tjap-nya apa? Sebut saja seharga Rp 3 juta.

Total kopral (maaf, saya sedang menghindari kata jender**), untuk hadiah butuh anggaran sekitar Rp 18,4 juta. Sebuah angka tak seberapa ‘bernilai’ untuk sebuah promosi yang diharapkan mendongkrak penjualan (dan keuntungan).

Lalu, soal donasi senilai Rp 500 untuk dibelikan bibit tanaman, dalam rangka tanggap terhadap isu global warming? Bagi saya, itu cuma semacam akal-akalan strategi public relations saja, demi memberi bobot bagi program yang disebutnya Friend-to-Friend itu. Bagaimana bentuk pertanggungjawaban atas donasi, berapa banyak ‘penderma’-nya, lalu kemana saja penyalurannya, itu pertanyaan yang mesti dijawab agar orang tak menaruh syak. Itu pun andai yang ‘teperdaya’ email berantai itu banyak, hingga jutaan. (Kalau satuannya cuma -katakanlah- 10 ribu orang, berarti cuma ngerluarin Rp 5 juta. Mau nanam sayur di lapangan sepakbola?)

Soal istilah Friend-to-Friend, misalnya. Coba, logika apa yang bisa menjelaskan kepada saya, blontankpoer adalah friend­-nya Mr. Yani, sementara saya merasa tak pernah kenal dengannya?

Bagi saya, Mr. Yani adalah orang yang memperdaya saya, memanfaatkan saya untuk kepentingan dirinya, demi memperoleh sebuah Blackberry atau bahkan cuma pingin memberi hadiah sepeda mini untuk anaknya, namun tanpa modal? (Mr. Yani gak dapat THR, ya?)

Kalau boleh saya sarankan, lebih baik Pak Adji Andjono sebagai National Sales Manager & Marketing Manager Campina segera menghentikan pesan berantai beginian. Lucu dan saya kasihan sama sampeyan….. Takutnya pada nganggep Anda gak update tren marketing, padahal jabatan sampeyan itu manager.

Berikut isi email yang saya anggap sampah, yang dikirim Selasa, 8 September, 2009 20:27 itu:

Dari: “Mr. Yani” <areebahu@yahoo.com>

Kepada: anisahss@yahoo.co.id, asyabatini@yahoo.co.id, barliant@gmail.com, apollolase@gmail.com, dhank_ari@yahoo.com, familly_bams@yahoo.com, arifbudisetyawan@gmail.com, arif.ust@gmail.com, auren_bisnis@yahoo.com, riu_aj@yahoo.com.sg, paradoks_2017@yahoo.com, ariyanto_mahardika@yahoo.com, ocidmansion@gmail.com, asep_makmun@yahoo.com, asnur06@gmail.com, nastymdn@yahoo.com, awan965@yahoo.com, rhe_9@yahoo.com, bagus_speedy@yahoo.com, bagoestep@gmail.com, bayu@bkurniawan.com, benewaluyo@gmail.com, benyiandrizl@gmail.com, blontankpoer@yahoo.co.id, macklin@onbuk.com

Cc: adji@campina.co.id

IKUTI PROGRAM CAMPINA FRIEND-TO-FRIEND (F2F) DAN BERPARTISIPASILAH UNTUK SELAMATKAN BUMI KITA DARI GLOBAL WARMING !!

Teman-teman saya yang baik,

Kami mengucapkan selamat, karena saat anda menerima email ini berarti anda sudah terpilih untuk mengikuti “Campina Friend-to-Friend” (F2F) reward program dengan mudah :

Caranya Bagaimana ?

Forward lah email ini tanpa ditambahkan tulisan apapun beserta attachment Campina Ice Cake Brochure ke setidaknya 25 (Dua Puluh Lima) teman anda. Dua Puluh Lima email address itu harus dikirim dalam satu kali pengiriman email (sent). Pada saat yang sama jangan lupa cantumkan c.c ke email adji@campina.co.id supaya kiriman email anda dapat kami sertakan ke program F2F Reward. Hitung address email dengan pasti, karena jumlah yang kurang dari 25 address tujuan akan berakibat email anda tidak dapat disertakan ke program F2F Reward. Mohon maaf, email yang bersifat hanya “Reply-All” tidak dapat disertakan ke program F2F Reward. Hadiahnya ?

Seluruh email forward yang masuk kriteria F2F maka pada akhir periode (30 september 2009) akan dilakukan drawing berhadiah 1 buah Blackberry, 1 buah liontin emas, 1 buah discman, 1 buah DVD Player, 1 buah sepeda mini. Pengumuman akan dilakukan pada minggu pertama bulan Oktober 2009 di situs www.campina.co.id <http://www.campina.co.id/>

Catatan

Pastikan bahwa alamat email yang diforward / dikirim tidak ada yang memiliki extention xxx@campina.co.id atau xxx@ultrajaya.co.id karena jika diantara tujuan terdapat alamat dengan extention di atas maka akan didiskualifikasi dari Program Campina F2F.

Anda bisa mengirim lebih dari 1 email (masing-masing minimum 25 address tujuan) agar kemungkinan anda menang dan berpartisipasi menyelamatkan bumi menjadi lebih besar lagi.

Dengan Campina F2F Anda Telah Berpartisipasi Menyelamatkan Bumi Kita

Untuk setiap email anda yang masuk ke program F2F maka Campina atas nama anda akan mendonasikan Rp. 500,- (lima ratus rupiah) dan akan dikumpulkan untuk membelikan bibit-bibit pohon untuk ditanami di areal yang membutuhkan penghijauan berkoordinasi dengan instansi yang terkait di bidang lingkungan hidup. Laporan aktivitas ini secara berkala dapat dilihat di situs www.campina.co.id <http://www.campina.co.id/>

Teman-teman yang baik, terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca email ini. Selanjutnya anda tinggal mendaftar address teman anda, forwardkan email ini, klik !! dan anda telah ikut berpartisipasi dalam program Campina F2F.

Salam Hangat,

Adji Andjono

National Sales Manager & Marketing Manager

9 thoughts on “Tak Enak Sahur Es Krim

  1. reply all anda yg berisi protes terhadap spam tsb juga merupakan pola marketing yg cerdik untuk memperkenalkan blog anda ini, hahahaha… sukses mas…! 😀

    wah, Anda ternyata jeli sekali. aku suka blog sampeyan…
    /blt/

  2. ini pelajaran penting buat marketing dan pr campina. di zaman internet, konsumen itu aktif kasih tanggapan. coba kita lihat apakah posting pak blontank ini akan direspon oleh campina.

    tak usah berharap, Ris… muluk-muluk sajake…… wakakakaka
    /blt/

  3. Wah, kalau dapat surat berantai seperti ini, biasanya saya nggak teruskan. Soalnya kan belum tentu si penerima berkenan, ya Pak..

    nggih. saya juga tak meneruskan. lucu saja menurut saya….
    /blt/

Leave a Reply