Muslim Penjaga ‘Makam’ Yesus

TIME sebagai rujukan utama, koran itu mengabarkan pesan penting dan menyejukkan. Yakni, kisah seorang muslim bernama Wajeeh Nuseibeh yang menjaga Gereja Makam Kudus di Yerusalem. (Mungkin yang dimaksud ‘makam’ di sini adalah penyederhanaan istilah untuk menyebut tempat itu sebagai lokasi penyaliban Yesus dan tempat kebangkitan Isa Almasih -Penulis)

Lelaki berusia 55 tahun, itu menjadi juru kunci secara turun-temurun. Kata koran itu, moyang Nuseibeh adalah orang Arab, prajurit Khalifah Umar bin Khaththab yang ditugasi menjaga gereja itu semasa khalifah yang terkenal arif bijaksana itu menguasai Yerusalem pada 638 masehi. Uniknya, Nuseibeh dan generasi-generasi sebelumnya juga bertindak sebagai ‘wasit’, sebab gereja itu diperebutkan oleh tujuh sekte dalam Kristen. (Sejarah mengenai penyerahan kunci gerbang kepada muslim dimulai jaman Khalifah Umar. Silakan baca di sini)

Namun, kendati bertikai memperebutkan gereja, tujuh sekte itu ‘kompak’ dalam menggaji Wajeeh Nuseibeh rata-rata sekitar Rp 45 ribu per bulan sehingga pendapatan resminya menjadi sebesar Rp 315 ribu dalam sebulan. Meski berpendapatan resmi cukup kecil, namun Nuseibeh bisa memperoleh pendapatan lebih besar, karena ia berhak memperoleh tambahan dari tip atau honornya sebagai pemandu bagi wisatawan/pengunjung gereja itu. Ladang zaitun yang luas milik keluarganya -yang menjadi sandaran hidup mereka, sudah musnah akibat perang, ketika Israel menjajah Yordania pada 1967.

Foto: Katherine Kiviat for TIME

 

Foto: Katherine Kiviat for Islam atau Kristen, tapi seluruh umat manusia di muka bumi, bahkan mereka yang tidak beragama sekalipun. Dunia mesti dirawat, pesan damai harus selalu disemaikan seperti halnya kita bernafas.

Ketika saya tunjukkan tulisan di Koran Tempo, itu kepada seorang kiai di Surakarta, sang kiai yang juga aktivis kerukunan umat beriman itu justru menyodorkan contoh kerjasama Islam-Kristen lainnya. “Markas Bunda Theresa di Calcutta itu juga wakaf keluarga muslim, lho,” ujarnya.

Saya tersipu. Ternyata yang saya ketahui barulah salah satu contoh saja yang semula kuanggap berita besar. Tapi, saya tetap berusaha menenangkan diri, sambil menghibur hati sekadar untuk memanipulasi fakta cubluk ing pangertosan. “Coba kalau berita-berita semacam itu dipublikasikan secara massif, tentu aku tak bakal jadi korban ketidaktahuan,” gumamku, anglelipur ati.

Saya jadi teringat masa-masa pascakerusuhan Mei 1998 di Surakarta, ketika mengajak seorang kiai mengunjungi GKI Sangkrah, ngobrol ngalor-ngidul dengan beberapa remaja di gereja itu. Eh, ternyata responnya luar biasa. Beberapa hari berselang, sang kiai diminta tampil di mimbar gereja di hadapan jemaat seusai kebaktian. Sungguh peristiwa menyejukkan dan membahagiakan, sebab kebanyakan jemaat gereja itu adalah keturunan Tionghoa yang baru saja dianiaya, entah oleh kekuasaan apa. Rumah-rumah mereka dibakar, toko-toko mereka juga dijarah lalu dimusnahkan.

*Terima kasih pada Pdt. Mungki A. Sasmita, Amir Sidharta, Goenawan Mohamad, Trisno S. Sutanto, KH. M Dian Nafi’, dr. Sofyan Tan dan teman-teman Jaring, MADIA dan Teater Gidag-gidig

6 thoughts on “Muslim Penjaga ‘Makam’ Yesus

  1. loeie

    ini artikel terbodoh yang pernah dibuat,,,,,,,,,,,,trips,,,,,,,,, untuk menghadapi setan wujud menungso,,,,,,iku dengan cara gak DIREK’EN,,,,,,,,,,,,,,,,,,,yoooooooooo,,ngene iki sek gawe akal dan nafsu………..smoga anda tersadar sebelum anda selesai minum

    mbak/mas yang ngaku pemilik loeiecanloeie@yahoo.com, percayalah, kesadaran saya lebih tinggi dibanding akal sehat sampeyan… 🙂
    /blt/

  2. Try Again

    buat apa sholat kalo ntar pulangnya juga nyolong sendal………………………….
    hahahahahahahahaha……………..

    macam betul aja moeslim ne……..

  3. Try Again

    oea 1 lg Buat Apa Kita bersumpah kalo ga kita jalani…..

    n ingat yg nyiptain Quran digital tu capa…..?????
    jd nyadarlah dikit……

    kami juga ada kok alkitab digital…..;-/

  4. Try Again

    Saya Mewakili Kristiani Mengucapkan Trima kasi buat komen anda.

    smoga Muhammat Menolong Anda Nantinya di Akhirat…………;-)

  5. BEJO

    .
    .
    KEPADA UMAT MUSLIM, JIKA ADA UMAT KRISTEN YG DEBAT SOTOY, SAMPAIKAN DULU 2 HAL YG HARUS DIJAWAB MEREKA, YAITU :

    1. UMAT KRISTEN HARUS BERSUMPAH MENGIKUTI TUHANNYA, KARENA UMAT MUSLIM SUDAH BERSUMPAH LEWAT KALIMAT SYAHADAT.

    2. UMAT KRISTEN HARUS TUNJUKKAN DIMANA BISA DOWNLOAD INJIL DIGITAL BERBAHASA INDONESIA, KARENA AL-QUR’AN DIGITAL BERBAHASA INDONESIA SUDAH BANYAK TERSEBAR VERSI DIGITALNYA DI INTERNET. INI UNTUK DASAR MEMBAHAS KITAB MASING2.

    BIASANYA 99% KEDUA HAL ITU PASTI TIDAK DIJAWAB UMAT KRISTEN DENGAN ALASAN YG BERPUTAR-PUTAR:

    1. UMAT KRISTEN TIDAK MAU BERSUMPAH KARENA DILARANG GEREJA (PADAHAL SUMPAH INI UNTUK IKUTI TUHANNYA LOH ! MEREKA KAWIN SAJA PAKAI SUMPAH PERKAWINAN, ANEH KAN ? ).

    2. MEREKA TIDAK MAU TUNJUKKAN INJIL DIGITAL BERBAHASA INDONESIA, MUNGKIN KARENA TAKUT TAHUN DEPAN INJILNYA DIRUBAH GEREJA LAGI !
    INJIL ADA 4 KITAB DAN SURAT2, MAKANYA MEREKA BINGUNG !

    JADI, UMAT ISLAM TIDAK USAH REPOT2 DEBAT DNG UMAT KRISTEN KARENA YESUS ADALAH DAJJAL DAN UMAT KRISTEN ADALAH SALAH SATU BANGSA DAJJAL YG MENYESATKAN DUNIA !!!

    JIKA MASUK MASJID, TINGGALKAN ALAS KAKI ANDA.
    JIKA MASUK GEREJA, TINGGALKAN AKAL & LOGIKA ANDA !!!
    .
    .

    sebagai muslim, saya sedih dengan tanggapan saudara yang mencantumkan nadyameidianti@xxxxx.com ini. saudaraku umat Kristiani, Anda tahu, Islam dan semua agama tak mengajarkan permusuhan..
    /blt/

Leave a Reply