Srimpi Srimpet

Srimpi Srimpet adalah sebuah parodi yang sesungguhnya. Menilik dari judul tarian yang diciptakan oleh Wahyu Widayati alias Inong itu, imajinasi kita akan segera mengarah pada beragam jenis tarian agung ciptaan raja-raja di Jawa seperti Kasunanan Surakarta dan Mangkunegaran. Yang lazim diketahui umum, Srimpi diperankan oleh penari yang cantik-cantik, perawan dan dipertunjukkan dalam peristiwa-peristiwa khusus kerajaan.


Wahyu Inong Widayati

Oleh Inong, Srimpi dijadikan sebagai bahan olok-olok. Kerumitan tata cara penyajian dan kebutuhan iringan, bumbu mistis yang dilekatkan pada jenis tarian agung kerajaan itu (oleh kerajaan), dia jadikan pijakan untuk proses penciptaan. Musik iringan, misalnya, digantikannya dengan tembang-tembang Jawa. Penari yang seharusnya diam hening, diubahnya menjadi sosok-sosok yang bawel, kadang-kadang genit dan selengekan.

Cap adiluhung yang dilekatkan pada tarian itu hanyalah wujud halus keangkuhan keluarga kerajaan, karena semata-mata dilatari oleh alasan tak mau disaingi, apalagi oleh seniman atau aktor-aktor di luar tempok istana. Apalagi, banyak orang masih mempertanyakan, kenapa seorang penari bedaya atau srimpi harus berstatus perawan (virgin) dan tidak sedang menstruasi saat naik di atas pentas, yang biasanya dihadiri oleh raja, keluarga dekat beserta tamu-tamu istimewa kerajaan.

Leave a Reply